Batu, Diskominfo – Memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2021, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Rembugan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Shining Brantas di Wana Wisata Coban Talun, Minggu (6/6) pagi.

Peringatan tahun ini mengambil tema “Mewujudkan Restorasi Ekosistem Melalui Shining Brantas Sebagai Upaya Untuk Menjaga dan Melestarikan Hulu Sungai Brantas.”
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aris Setyawan, mengatakan tema restorasi ekosistem ini diambil untuk mewujudkan kelestarian air Kota Batu sebagai Hulu Sungai Brantas yang mengaliri 17 Kab/Kota di Jawa Timur.
“Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di Kota Batu ada di angka 83,52%, telah melampaui IKLH di tingkat nasional yakni 76%. Tetapi indeks kualitas air kita masih rendah, saat ini kita fokus untuk meningkatkannya,” kata Aris.
Upaya restorasi ekosistem di Kota Batu berfokus pada lima hal, Restorasi Kelembagaan, Restorasi Ekologi melalui penanaman pohon, Restorasi Hidrologi dengan menjaga kualitas dan kuantitas air, Restorasi Morfologi dengan menjaga garis sungai dan Restorasi Sosial Ekonomi melalui edukasi dan sosialisasi.
Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, mengatakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan harus dilakukan secara berkesinambungan.
“Kita harus bisa lebih memberikan pemahaman dan sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan, tidak hanya membuang sampah pada tempatnya. Tetapi juga mengurangi penggunaan bahan kimia untuk menjaga sumber air kita,” kata Wali Kota.
Dalam kesempatan kali ini juga dilakukan Penandatangan Komitmen Bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan oleh Wali Kota Batu, Forkopimda Kota Batu dan Pegiat Lingkungan.
(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela, Dimas, Diki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.