February 26, 2019

Kerjasama Australia Barat dengan Kota Batu Terus Dimatangkan

Selasa (26/02/19) bertempat di Ruang Rapat Utama lt.5 Balaikota Among Tani Kota Batu, dr. Endang Tri Ningsih, Asisten Pembangunan dan Kesra Setda Pemkot Batu yang mewakili Walikota Batu bersama jajaran SKPD Kota Batu menerima kunjungan rombongan Biro Humas dan Protokol Setda Prov. Jawa Timur beserta Pemerintahan Australia Barat.

Rombongan Biro Humas dan Protokol Setda Prov. Jawa Timur beserta Pemerintahan Australia Barat yang berkantor di Jakarta, Jennifer Mathews, Commissioner bersama Maharani Rahsilaputeri, Business Development Manager, dan Wayne (Village Energy) mengunjungi Pemerintah Kota Batu untuk meneruskan pembicaraan mengenai Kerjasama Australia Barat dengan Pemerintah Kota Batu yang pernah digelar pada 16 Oktober 2018.

Pada pertemuan kali ini, Pihak Australia Barat menyampaikan bahwa terdapat banyak kemiripan dalam permasalahan dan pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Karena itu, Beliau menjelaskan bahwa terdapat 4 hal yang akan difokuskan dalam rencana kerjasama yaitu mengenai transportasi, pertanian dan peternakan, terutama pertanian organik dan keberlanjutan, kemudian pariwisata yang sadar lingkungan dan mampu melakukan pengelolaan konservasi air yang terintegrasi, yang terakhir adalah penerapan Smartcity yang dinilai sangat menarik dan efektif untuk pembangunan berkelanjutan. Tidak hanya itu, beberapa program pemerintah Australia Barat seperti Child Road Safety Program serta Village Energy ditawarkan untuk diadopsi pemerintah Kota Batu.

Jennifer Mathews, menjelaskan bahwa pihak Australia Barat bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dari permasalahan di Kota Batu untuk kemudian dianalisa oleh para ahli dari Australia Barat. Dengan begitu, akan ditemukan solusi dan metode kerjasama terbaik bagi kedua belah pihak.

Jawa Timur dan Australia Barat selama 27 tahun telah membangun kerjasama dengan skema Sister State dan terus melakukan penguatan kerjasama di berbagai bidang. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, semoga manfaat kesejahteraan bagi masyarakat Kota Batu dapat terus terukir dengan baik sebagai bagian dari hubungan bilateral Indonesia dan Australia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *