Batu, Diskominfo* – Komitmen Pemerintah Kota Batu untuk mewujudkan lingkungan ramah bagi tumbuh kembang anak dan pemenuhan hak serta perlindungan anak, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Kota Batu berhasil meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) tahun 2021 tingkat Madya.
Sebanyak 275 daerah di Indonesia mendapat penghargaan kabupaten/kota layak anak (KLA) tahun 2021, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Hasil tersebut disampaikan secara virtual melalui channel youtube Kementrian PPPA pada, Kamis (29/07).
Menteri PPPA Bintang Puspayoga, mengatakan, penetapan Kota Layak Anak telah melewati proses evaluasi untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan.
“Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian PPPA, tim kementerian/lembaga, dan tim independen,” katanya.
KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha. Hal tersebut dilakukan dengan terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan. Tujuannya, menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.
Dengan adanya penghargaan kategori Madya untuk Kota Batu, harapannya anak-anak di Kota Batu ini bisa terlindungi dari segi pelayanan kesehatan, pendidikan dan perlindungan untuk pertumbuhannya.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela)

Leave a Reply

Your email address will not be published.