Batu, Diskominfo – Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, menghadiri acara launching Pengelolaan Bersama Monitoring Center for Prevention (MCP) Pencegahan Korupsi bersama KPK RI, Kemendagri, dan BPKP melalui zoom meeting di ruang rapat utama Balaikota Among Tani Kota Batu, Selasa (31/8).

Sebagai upaya pencegahan korupsi kepala daerah, KPK melaksanakan launching pengelolaan MCP ini sebagai upaya untuk melakukan pencegahan dan tindakan preventif atas penyimpangan atau perbuatan melanggar hukum yang sampai pada akibat tindak pidana korupsi dan mendorong perbaikan sistem dan regulasi.

Ketua KPK, Firli Bahuri, menjelaskan bahwa pertemuan hari ini merupakan salah satu usaha untuk memberantas korupsi dengan cara pencegahan. Cara pencegahan, perbaikan sistem dan intervensi ini dikemas dalam MCP sebagai instrumen untuk mencegah korupsi.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menuturkan bahwa tugas pokok Kemendagri adalah pembinaan dan pengawasan. Salah satunya dengan mengajak seluruh pemda menggunakan MCP. Beliau berharap dengan adanya rakor ini dapat memperbaiki kinerja pemerintah dan dapat mencegah korupsi.

Selanjutnya, acara diteruskan dengan launching Sistem Informasi Pengawasan Inspektorat Jenderal (SIWASIAT). Diberikan juga penghargaan kepada 10 Provinsi yang menindaklanjuti hasil pengawasan Kemendagri secara tepat waktu. Acara lalu dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Rakorwardanas) secara virtual.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Eko)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.