Batu, Diskominfo – Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, didampingi Wakil Wali Kota Batu H. Punjul Santoso, menyampaikan Jawaban Walikota Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Raperda APBD Perubahan Kota Batu TA 2021 di Ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani, Senin (27/09) siang.

Rapat Paripurna digelar secara virtual dan diikuti oleh DPRD Kota Batu, Forkopimda Kota Batu dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Sebelumnya pada Sabtu (25/9), fraksi-fraksi DPRD Kota Batu telah memberikan lebih dari 50 masukan pada Rapat Paripurna DPRD Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi.

Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, mengatakan bahwa ada perubahan terhadap output pencapaian Visi-Misi RPJMD Kota Batu tahun 2017-2022. Hal ini disebabkan adanya refocusing anggaran karena terjadinya pandemi Covid-19.

“Indikator kinerja dan sasaran pembangunan mengalami penyesuain keuangan untuk penanganan pandemi Covid-19,” kata Wali Kota.

Terkait capaian kinerja, Wali Kota menyampaikan bahwa 21 indikator telah tercapai melampaui target, serta ada 7 indikator dan 4 indikator lainnya yang masih berada dibawah target.

“Penyelenggaraan tata kelola di beberapa aspek sudah baik. Begitu juga makro ekonomi daerah, lebih dari 60% indikator daerah telah melampaui target,” imbuh Wali Kota.

Pemerintah juga terus berupaya dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi serta terus melakukan penguatan untuk pemulihan ekonomi melalui tiga sektor unggulan, yakni Pariwisata, Pertanian dan UMKM.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela, Dimas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.