Batu, Diskominfo – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Tahun Kota Batu, Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, bersama Wakil Wali Kota H. Punjul Santoso, melakukan ziarah ke makam leluhur Kota Batu, Jumat (15/10).

Ziarah makam ini merupakan tradisi setiap tahun menjelang hari jadi Kota Batu. Ziarah diawali ke makam Wali Kota Batu pertama H. Imam Kabul di TPU Samaan, Malang, dan dilanjutkan ke makam Mbah Batu di Desa Bumiaji, makam Mbah Patok di Dusun Songgoriti dan makam Mbah Mayangsari di Desa Pesanggrahan.

Suasana khidmat dan khusyuk begitu terasa saat rombongan Wali Kota Batu bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan doa bersama.

“Hari ini kami nyekar (ziarah) ke semua tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu, ini menjadi bentuk penghormatan warga Batu untuk tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu,” kata Wali Kota.

Selain itu, kata Wali Kota, ziarah kubur ke makam para leluhur ini juga menjadi pengingat bahwa di jaman modern saat ini, jasa pendahulu harus terus diingat.

“Masyarakat di Kota Batu ini luar biasa. Saya harap, di jaman modern saat ini, keguyupan, kerukunan, kegotongroyongan dan penghormatan kepada leluhur tetap dijaga,” imbuh Wali Kota.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela, Dimas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.