Batu, Diskominfo – Talkshow bertajuk “Revitalisasi Kebangkitan UKM” diselenggarakan melalui Zoom meeting dan YouTube Surya Online hari ini, Kamis (21/10) pukul 15.00 WIB.

Sejumlah narasumber yang hadir dalam talkshow antara lain Dewanti Rumpoko Wali Kota Batu, Teten Masduki Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Abdul Halim Iskandar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Astri Wahyuni Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Krisdayanti Anggota DPR RI Dapil Malang Raya dan Luki Budiarti dari CV Arjuna Flora Batu sebagai perwakilan Tokoh UMKM.

Talkshow bertajuk Revitalisasi Kebangkitan UKM tersebut dimoderatori oleh Febby Mahendra Putra, Direktur Pemberitaan Tribun Network.

Talkshow ini bertujuan untuk mendiskusikan kebangkitan UKM setelah pandemi melalui berbagai cara.

Dewanti Rumpoko dalam kesempatan ini menjelaskan tentang kondisi di Kota Batu, dan tingginya wisatawan mempengaruhi perkembangan UMKM. Pemerintah Kota Batu juga berupaya membantu pemulihan ekonomi dengan berbagai cara.

Diantaranya dengan restrukturisasi hutang, permodalan UMKM, transformasi digital usaha UMKM dengan pelatihan dan pendampingan, penyaluran bantuan produktif, bantuan tunai, promosi produk umkm melalui pameran dan media sosial, serta pelatihan ekspor. Namun demikian masih dibutuhkan ide dan gagasan kreatif.

Peran pemerintah Kota Batu membantu UKM juga melalui PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) tahun 2022, dengan dibangunnya Rumah Kemasan PLUT.

Pemberdayaan ekonomi desa juga dilakukan melalui penguatan Bumdes, program jatim puspa, pemanfaatan teknologi tepat guna, pelatihan dan pemberdayaan hasil produksi BUMdes.

Sementara itu Krisdayanti, Anggota DPR RI Dapil Malang Raya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai warga Kota Batu, Ia merasa bangga dengan potensi UMKM yang ada di Kota Batu. Ia berharap UKM Kota Batu mampu bangkit dan mampu menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi Kota Batu.

Sedangkan Staf Khusus Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Muhammad Riza Adha Damanik, mengaku memiliki harapan besar dengan Kota Batu sebagai kota agrowisata.

“Tak hanya potensi pariwisata, tapi kegiatan sektor pangan cukup besar untuk dimanfaatkan,” ujarnya.

Karena itu, untuk mendorong pelaku UKM agar lebih kuat, pihaknya bersama tokopedia dan platform e-commerce lainnya berupaya menguatkan UKM di pasar online.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Eko) ADMWEB :UDHA

Leave a Reply

Your email address will not be published.