Batu, Diskominfo – Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat mengunjungi Kantor Desa Pesanggrahan dalam rangka peninjauan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), Kamis (18/11).

BPS telah memilih 100 desa yang menjadi tempat pilot program Desa Cantik. Salah satu desa yang terpilih adalah Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Pemerintah daerah telah membantu pihak desa supaya nantinya bisa mempermudah transformasi menuju digitalisasi data.

Setelah berjalan 10 Bulan, selanjutnya dilaksanakan evaluasi oleh BPS Pusat untuk mengetahui apakah di Desa Pesanggrahan sudah dilaksanakan pembinaan terkait kegiatan statistik mulai dari pengumpulan data, pemeriksaan, pengolahan dan menampilkan data ataukah belum. Data yang nantinya dihasilkan oleh Desa Pesanggrahan diharapkan bisa bermanfaat, khususnya untuk Desa Pesanggrahan hingga level Kecamatan dan Kota Batu.

Program ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan karena ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, agar nantinya lahir desa yang tidak hanya melek statistik, tetapi juga memiliki pemahaman yang baik dalam memanfaatkan data desanya sendiri. Diharapkan program desa cantik di Desa Pesanggrahan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta bisa menjadi contoh untuk desa-desa lainnya di Kota Batu.

Program Desa Cantik sendiri merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik. Dengan program ini, BPS menargetkan untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa. Fokus utamanya adalah mempersiapkan aparatur desa agar lebih paham statistik. Selain itu, BPS juga berharap bahwa nantinya akan ada komunitas-komunitas cinta statistik yang lahir di desa-desa.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Eko, Ari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *