Aneka ragam batik dari 17 pengrajin batik di Kota Batu, ikut meramaikan pameran bertajuk “Gelar UMKM Batik” yang berlangsung di Balaikota Among Tani, Senin (2/10). Gelar UMKM Batik dalam rangka Hari Batik Nasional dan Gerakan Bangga Produk Lokal Kota Batu ini, sekaligus untuk meramaikan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke-22 Kota Batu.

Tak tanggung-tanggung, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batu, diwajibkan untuk membeli kain batik karya dari para pengrajin batik Kota Batu. Tak hanya ASN, masyarakat umum juga boleh mengunjungi stan-stan batik yang berada di halaman, lobi, hingga pendopo Balaikota Among Tani.

“Hari ini kita menghadirkan 17 pengrajin batik Kota Batu, setiap OPD bisa membeli dan memborong batik-batik yang di pamerkan,” kata Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Effisiensi, saat memimpin apel pagi.

Salah satu pengrajin batik Kota Batu, Klemin, owner RedSoga Ecoprint, mengaku senang dengan digelarnya pameran batik di Balaikota Among Tani ini. Klemin berharap, kedepannya pameran ini bisa digelar lebih baik lagi dan semakin banyak masyarakat, termasuk ASN yang memakai batik khas Kota Batu.

“Ini sangat menarik sekali. Di hari batik ini para UMKM di griya wastra bisa memamerkan batiknya, jadi ini juga membantu membranding produk kita,” kata Klemin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika Trisulandari, mengaku senang dengan adanya pameran ini. Ia berharap, batik Kota Batu semakin banyak dikenal.

“Ini adalah momen yang bagus. Batu memiliki beragam batik dan di Hari Batik ini, Batik Batu dipamerkan di Balaikota Among Tani,” katanya.

Sementara itu, total nilai transaksi on the spot “Gelar UMKM Batik” yang dimulai pukul 8.00-10.00 WIB, mencapai Rp42.990.000. Nilai transaksi on the spot ini belum termasuk yang pre order.

Untuk pengrajin batik yang mengikuti Gelar UMKM Batik ini antara lain;
1. Batik Tempe Beji – Bu Inoenk
2. Batik Al-Zahra – Pak Mumu
3. Batik Anggrek – Pak Imam
4. Batik Bantengan – Bu Anjani
5. Batik UniquEM SLB Eka Mandiri – Pak Adi
6. Batik Olive – Pak Iwan
7. Batik Wayang – Pak Sumari
8. Batik Satriyo – Dwi Satriyo
9. Batik Raden Wijaya – Bu Lina
10. Batik SLB Negeri Bumiaji – Bu Anna
11. Batik Shitu Shining Tuli – Mas Rizki
12. Batik Batoga – Bu Hartini
13. Batik RedSoga Eco Print – Pak Klemin
14. Batik Lukis – Bu Cicik
15. Batik Kembang Tanjung – Bu Sofi
16. Batik Shiny Kupu Lansia – Pak Andik
17. Batik Janeeta Creation – Bu Ernawati

Leave a Reply

Your email address will not be published.