Batu, Diskominfo – Kampus Merdeka merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kemendikbud RI yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja.

Sebagai dukungan untuk mensukseskan program Kampus Merdeka, Dinas Kominfo Kota Batu bersama Institut Teknologi Bisnis (ITB) Malang, menjalin kerjasama dengan menerima 37 mahasiswa yang akan menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kerjasama tersebut ditindaklanjuti dengan rapat koordinasi yang digelar di Ruang Rapat Dinas Kominfo Kota Batu, Selasa (22/06) pagi.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Batu, Andri Wijaya, mengatakan, mahasiswa magang dari ITB Malang akan dibagi di dua tempat.

“Nantinya akan ada 37 Mahasiswa dari ITB Asia. 7 orang mahasiswa PKL dari jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) akan ditempatkan di Kominfo, dan 30 orang yang menjalani KKN akan kami tempatkan di Desa Giripurno,” katanya.

Mahasiswa PKL dan KKN ini nantinya akan diberikan sebuah proyek untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa dan UMKM Kota Batu.

“Mahasiswa PKL yang di Kominfo ini nanti akan kerjasama juga dengan Diskumdag untuk membuat profil UMKM yang ada di Kota Batu,” imbuhnya.

Sedangkan untuk 30 Mahasiswa KKN akan membantu Diskominfo dalam mengerjakan website dan pengembangan Desa Cantik binaan BPS Nasional yang ada di Desa Pesanggrahan.

Harapannya, kerjasama ini dapat memberikan pengalaman bagi para mahasiswa khususnya di Dunia Kerja serta membantu mengembangkan potensi UMKM yang ada di Kota Batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.