Batu, Diskominfo – UCLG ASPAC bersama APEKSI menyelenggarakan Konferensi Diseminasi Pembelajaran dan Hasil Program LOCALISE SDGs, dengan tema “Mendorong Percepatan Pemulihan Pandemi untuk Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” secara virtual, Selasa (24/6).

Konferensi zoom ini diikuti oleh 30 Pemda termasuk Pemerintah Kota Batu, Asosiasi pemerintah daerah di Indonesia (APPSI, APEKSI, APKASI, ADEKSI, ADKASI, APDESI); Pemerintah pusat (Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Desa PDTT, dan Kementerian/Lembaga terkait); Perwakilan lembaga legislatif di tingkat daerah; Lembaga non-pemerintah terkait (CSO, LSM, Akademisi, Umum, dll); Anggota dan mitra UCLG ASPAC di kawasan Asia Pasifik yang juga memiliki minat dan komitmen terhadap pelokalan dan pelaksanaan TPB di daerahnya.

Tujuan dari Konferensi ini adalah mendiseminasikan pembelajaran dan hasil konkret dari LOCALISE SDGs; Meluncurkan ragam publikasi atau produk yang telah dihasilkan oleh LOCALISE SDGs yang dapat diakses oleh publik; dan Menunjukkan komitmen berbagai pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan LOCALISE SDGs untuk melanjutkan upaya pelokalan dan pelaksanaan TPB di Indonesia.

Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi, Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, menjelaskan bahwa LOCALISE SDGs (Leadership, Ownership, and Capacities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment) adalah sebuah program yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas pemerintah daerah serta asosiasinya dalam melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di 16 Provinsi dan 14 kota di Indonesia.

“Program LOCALISE SDGs didanai oleh Uni Eropa dan dilaksanakan oleh United Cities and Local Governments Asia-Pacific (UCLG ASPAC) serta bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), ungkap Bernadia.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Eko, Dimas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.