Batu, Diskominfo – Sebagai upaya penguatan satu data yang mutakhir, terpadu dan bisa dipertanggungjawabkan, Pemerintah Kota Batu bersama Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan di Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Selasa (16/11).

Nota kesepakatan ini terkait sinergi pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan kebijakan pengelolaan keuangan publik.

Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, mengatakan bahwa membangun satu data merupakan kunci pembangunan nasional. Dengan kesepakatan ini diharapkan mampu menguatkan koordinasi dan pencapaian pembangunan yang lebih fokus.

“Mudah-mudahan dengan MoU ini bisa membangun satu data dan memperhitungkan tindak lanjut fasilitasi kredit lebih efektif dan tepat sasaran, serta membangun sistem keuangan yang akuntabel,” kata Wali Kota.

Beberapa hal yang disepakati dalam MoU ini meliputi edukasi pengelolaan keuangan daerah dan desa, pengembangan dan peningkatan ekonomi kerakyatan, akses pembiayaan bagi UMKM, pengembangan dan pemanfaatan sisten kredit, serta penguatan iklim bisnis dan pasar bagi UMKM.

Sementara itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Jatim, Tauhid, SE, M.Se, IB, MBA mengatakan, Kota Batu memperlihatkan perkembangan dan kemandirian ekonomi yang terus bertumbuh. Salah satu aspek penting dalam mewujudkan hal tersebut adalah pengelolaan keuangan yang akuntabel.

“Kami ingin bekerjasama untuk menangani ini semua. Keuangan desa bisa kami edukasi dan bagaimana UMKM bisa berjalan dengan komprehensif,” katanya.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela, Ari) adminweb : udha

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *