Batu, Diskominfo – Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, membuka Festival Susu Sapi Brau 2021, yang berlangsung di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (30/11). Wawali tiba dngan didampingi oleh Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Batu, Wibi Asri, serta Kepala Dinas Pariwisata, Arief as Sidiq.

Membuka acara, Kadisparta, Arief as Sidiq, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menjadikan Dusun Brau sebagai ikon Kota Wisata Batu dalam mendatangkan wisatawan. Arief juga menyampaikan bahwa Disparta dan masyarakat Desa Gunungsari, akan terus meningkatkan program pengembangan desa wisata. Dusun-dusun lain di Desa Gunungsari yang semuanya berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata pun diharapkan saling berkolaborasi antara dusun satu dengan lainnya, demi pengembangan pariwisata.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menjelaskan bahwa di Dusun Brau susu sapi tidak hanya sekedar diminum. Tetapi juga diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan.

“Dusun Brau adalah tempat yang luar biasa, jumlah sapi perah lebih banyak dari jumlah penduduknya,” ujar Punjul.

“Bersama-sama warga, mereka menyulap Dusun Brau menjadi tempat wisata. Warga membersihkan dan membuat ikon-ikon wisata yang bagus, serta memperbaiki kondisi kandang sehingga bersih dan cocok untuk wisata dengan melibatkan BBPP (Balai Besar Pelatihan Peternakan) Kota Batu. Kedepannya, kotoran sapi bisa dibuat biogas,” lanjut Punjul.

Setahun yang lalu, Jumat (23/10/2020), Dusun Brau ditetapkan sebagai Desa Wisata Edukasi Susu Sapi Perah Brau. Tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, dusun yang dikelilingi beragam obyek wisata ini, juga memproduksi susu berkualitas tinggi. Selain dikonsumsi oleh warga Kota Batu, juga digemari warga luar daerah terutama Pulau Dewata Bali.

Berbagai menu olahan susu juga disajikan untuk para wisatawan saat mengikuti program wisata edukasi susu di Dusun Brau. Seperti susu murni, susu pasteurisasi, yogurt, ice cream, stik susu, permen susu dan berbagai makanan olahan lainnya.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.