Batu, Diskominfo – Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kota Batu menutup Kursus Mahir Dasar (KMD) IV yang berlangsung di Camping Ground Dusun Sahabat Alam, Desa Tawangargo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Minggu (5/12).

Punjul Santoso menjelaskan bahwa KMD adalah pendidikan kepramukaan yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi spiritual, emosional dan sosial para calon pembina mahir.

Punjul Santoso berharap selama 7 hari pelatihan, para pembina terus menjaga sikap dan kepekaan pada peserta didik serta terus berpegang pada semboyan “Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksan”, dan kembali ke gugus depan membawa kenangan dan menerapkan ilmu yang telah didapat.

KMD kali ini merupakan yang keempat dan di setiap penyelenggaraannya diikuti rata-rata 40 peserta. Setelah kegiatan yang keempat ini, maka nantinya Kota Batu akan memiliki sekitar 160 pembina mahir.

“Untuk KMD keempat ini diikuti 44 peserta yang terdiri dari 24 peserta laki- laki dan 20 peserta perempuan. Sayangnya, ada 1 peserta yang tidak bisa meneruskan karena alasan kesehatan.” ujar Punjul.

Dengan bertambahnya jumlah pembina mahir, diharapkan bisa lebih menghidupkan Gerakan Pramuka di sekolah. Saat ini Kota Batu memiliki sekitar 150 lembaga sekolah. Namun dari jumlah tersebut hanya 30 persen saja yang telah memiliki Pembina Mahir Pramuka.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Eko, Diki)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.