Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin, bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10), di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”, upacara ini dihadiri oleh Forkopimda Kota Batu dan diikuti oleh personil Kodim 0818, Polres Batu, Satpol PP, Damkar, Korpri, PGRI, Pelajar dan Bela Negara.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, dalam Youtube Kemendikbud RI, menyampaikan, bahwa Indonesia telah mendapatkan kepercayaan internasional melalui kepemimpinan ASEAN. Ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu maju di tengah banyak tantangan.

Selama empat tahun terakhir, juga ada perubahan signifikan di bidang pendidikan dan kebudayaan, dengan inisiatif seperti Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya.

Pidato Nadiem Makarim kali ini juga menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai Pancasila, mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari, dan mewariskannya kepada generasi penerus.

“Mari kita menyatukan langkah dan gerak serentak kita. Mewujudkan dan melanjutkan visi besar Indonesia Maju,” tutup Nadiem.

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional dan diperingati setelah Peristiwa Gerakan 30 September 1965, atau yang lebih dikenal sebagai G30S PKI. Hari nasional ini umumnya diperingati dengan upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di tingkat pusat, daerah, dan satuan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.