Kafilah MTQ perwakilan Kota Batu dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Batu selaku Ketua LPTQ Kota Batu, Zadim Effisiensi, di Graha Pancasila, Jumat (29/09) pagi. Sebanyak 41 Kafilah Kota Batu ini akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur ke XXX yang digelar di Kota Pasuruan mulai 1-8 Oktober 2023.

Ketua Kontingen sekaligus Kepala Bagian Kesra Setda Kota Batu, Abdul Rais, mengatakan, Kafilah yang dikirim telah mengikuti seleksi dan pembinaan secara intensif.

“Tahun 2022 telah dilakukan seleksi melalui lomba MTQ tingkat Kota Batu. Dari pemenang kita seleksi kembali dan dilakukan pembinaan secara intensif oleh LPTQ tingkat Kota Batu dan Jawa Timur,” kata Abdul Rais.

Kafilah Kota Batu akan mengikuti 20 cabang dari 23 cabang lomba yang dibuka. Selain itu, perwakilan Kota Batu juga akan mengikuti lomba pawai mobil hias dan pameran stan UMKM.

Sementara itu, Zadim Effisiensi, mengatakan, perlombaan ini menjadi momen penting untuk meningkatkan pembinaan dan pendidikan Al-qur’an bagi generasi muda di Kota Batu.

“Kegiatan ini menjadi sarana untuk menyampaikan dakwah kepada masyarakat luas, serta memperkuat persatuan umat. Saya harap kafilah-kafilah Kota Batu bisa menjadi duta damai di tengah masyarakat,” kata Zadim.

Pemerintah berencana akan memberikan bonus kepada para peraih juara dalam MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 ini. Juara 1 akan diberikan bonus sebesar 15 juta, juara 2 sebesar 12,5 juta, juara 3 sebesar 10 juta, juara harapan 1 sebesar 7,5 juta, juara harapan 2 sebesar 5 juta dan juara harapan 3 sebesar 2,5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.