Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi ke-22 Kota Batu dan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim, Selasa, 17 Oktober 2023. Upacara yang berlangsung di halaman Pasar Induk Among Tani Kota Batu ini, dihadiri oleh sejumlah pimpinan daerah, tokoh masyarakat, dan warga Kota Batu.

Kegiatan peringatan ini dimulai dengan pertunjukan drum band yang memukau dari SMA Negeri Taruna Nala Jawa Timur, “Gita Suara Nala”, dan dimeriahkan pula oleh paduan suara yang terdiri dari para pelajar sekolah di Kota Batu, serta atraksi udara oleh sejumlah pesawat milik TNI-AU.

Selain itu, diserahkan pula 29 lencana dan penghargaan “Hakaryo Guno Mamayu Bawono” untuk mereka yang telah berjasa dalam pengembangan daerah Kota Batu. Diantaranya alm. H. Imam Kabul, Dewanti Rumpoko, Punjul Santoso, serta beberapa individu dan pokja peningkatan status Kota Batu.

Dalam amanatnya, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengungkapkan rasa bangganya terhadap prestasi Kota Batu yang meskipun masih relatif muda, namun telah menorehkan sejarah gemilang.

“Prestasi yang ditunjukkan oleh pemimpin kami sebelumnya adalah bukti nyata perjuangan memajukan Kota Batu,” kata Aries.

Dalam kesempatan ini, Aries juga mengumumkan kebijakan baru, bahwa setiap tanggal 17, seluruh ASN Kota Batu dan instansi pemerintah wajib berbelanja di Pasar Induk Among Tani. Tujuannya untuk menggerakkan masyarakat dan pemerintah dalam mendukung pedagang, UMKM, dan masyarakat kecil, yang pada gilirannya akan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Dalam rangka mendukung sektor-sektor unggulan Kota Batu seperti pariwisata, pertanian, dan UMKM, Aries meminta semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan mengembangkannya.

“Sektor-sektor ini adalah ikon Kota Batu yang harus terus mendapat perhatian serius dan memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berarti bagi kota kita,” imbuh Aries.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan secara simbolis Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Bank Jatim, yang memberikan sumbangan berupa 1 unit mobil ambulance, sarana dan prasarana untuk pasar, serta layanan WiFi dan internet. Sumbangan ini diharapkan dapat memperkuat infrastruktur dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Kota Batu.

Pemerintah Kota Batu mengakui bahwa memang masih ada kekurangan dan kelemahan. Karena itu Aries meminta dukungan masyarakat, agar Kota Batu kelak bisa menjadi kebanggaan nasional.

“Jangan ragukan pemerintah Kota Batu. Mari bersama-sama wujudkan Kota Batu yang menjadi kebanggaan nasional,” pungkasnya.

Secara umum, kegiatan peringatan ini berlangsung cukup semarak, kompak, dan mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan Kota Batu. Harapannya, peringatan kali ini bisa memberi inspirasi dan energi baru bagi warga Kota Batu dalam membangun kotanya yang lebih baik.

Selamat Ulang Tahun ke-22 Kota Batu!
KWB Pasti Bisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published.