Setelah dilakukan penyampaian Raperda Perubahan APBD Tahun 2024 di ruang rapat paripurna DPRD Kota Batu, Kamis (19/10) kemarin, hari ini giliran digelar rapat paripurna tentang Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Penyampaian Raperda Perubahan APBD 2024, Jumat (20/10).

Saat membuka rapat paripurna, Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi SP, menjelaskan bahwa dalam proses Raperda Perubahan APBD 2024, setelah adanya penjelasan dari kepala daerah, selanjutnya dilaksanakan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Batu. Berikutnya, akan dilaksanakan tanggapan dan jawaban dari wali kota terkait pandangan umum fraksi-fraksi.

Sementara itu, juru bicara DPRD, Heri Susilo, ST, dalam kesempatan ini menyampaikan 39 poin usulan dan pendapat yang merangkum pandangan fraksi-fraksi di DPRD Kota Batu. Beberapa poin utama yang disampaikan adalah:

1. Peningkatan Infrastruktur
Fraksi-fraksi mendukung alokasi anggaran yang signifikan untuk peningkatan infrastruktur jalan, transportasi, dan fasilitas publik.

2. Pengembangan Pendidikan
Usulan mencakup peningkatan anggaran untuk pendidikan, termasuk perbaikan fasilitas sekolah dan pelatihan guru.

3. Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Dorongan untuk mendukung sektor ekonomi lokal melalui program-program pengembangan usaha kecil dan menengah.

4. Kesehatan Masyarakat
Peningkatan anggaran untuk layanan kesehatan masyarakat, termasuk perawatan kesehatan dasar dan vaksinasi.

5. Lingkungan Hidup
Pemantapan program pelestarian lingkungan, termasuk pengelolaan sampah dan keberlanjutan energi.

Dari 39 poin usulan dan pendapat yang menyoroti berbagai aspek penting dalam pembangunan Kota Batu itu, dinilai sudah mencerminkan keragaman kepentingan di masyarakat dan juga menunjukkan komitmen DPRD Kota Batu untuk memastikan bahwa RAPBD Kota Batu telah mengakomodir kebutuhan serta aspirasi warga.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa semua masukan dari DPRD Kota Batu akan menjadi perhatian Pemkot Batu.

“Segala masukan dari para anggota DPRD akan kami perhatikan dengan serius, karena beliau ini adalah kepanjangan tangan masyarakat di wilayahnya. Terimakasih atas saran dan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Batu, tentunya ini menjadi motivasi bagi kami dalam menjalankan roda eksekutif agar berjalan dengan maksimal dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” kata Aries.

One Thought on “Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Penyampaian Raperda Perubahan APBD 2024”

Leave a Reply

Your email address will not be published.