Batu, Diskominfo – Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap pemberdayaan perempuan, Rotary Club of Batu menggelar pelatihan bagi Kelompok Perempuan Desa Giripurno di Omah Petruk, Sabtu (30/10) pagi.

Pelatihan yang diberikan berupa eco enzim, yakni pengelolahan sampah dapur atau rumah tangga yang difermentasi untuk menghasilkan cairan yang bermanfaat. Hasil dari eco enzim dapat digunakan sebagai pupuk cair organik tanaman, campuran deterjen, pembersih lantai, pembersih sisa pestisida, pembersih kerak, dan sebagai bahan spa.

Presiden Rotary Club of Batu, Mieke mengatakan, melalui pemberdayaan perempuan, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup dan keterampilan perempuan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan ekonomi lokal,” katanya.

Selain membuat sabun dari eco enzim, kegiatan lain yang dilakukan Rotary Club of Batu diantaranya memanfaatkan limbah botol dan membuat masker dari kain perca yang dijahit dengan tangan.

Wali Kota Batu selaku Honorary Member Rotary Club, Hj. Dewanti Rumpoko, menyambut baik kegiatan ini. Sekecil apapun ilmu yang diberikan akan memberikan manfaat.

“Memberdayakan perempuan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekecil apapun ilmu yang diberikan, manfaatnya luar biasa,” kata Wali Kota.

Dalam kesempatan ini sekaligus diserahkan 1.000 bibit pohon secara simbolis serta 3.000 bibit ikan tombro, dan 250 ikan wader kepada kelompok masyarakat pemanfaat aliran sungai Giripurno.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela, Diki) adminweb : udha

Leave a Reply

Your email address will not be published.