Batu,Diskominfo – Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) DPC Kota Batu resmi dilantik bertempat di Sendratari Arjuna Wiwaha, Minggu (31/10). Gekrafs Kota Batu ini menjadi Gekrafs tingkat kota pertama yang dilantik dari 38 kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur.

Dalam pelantikan ini dikukuhkan 70 Pengurus yang terbagi dari 17 bidang sektor dan 2 Departemen.

Pengukuhan dan pelantikan tersebut dilaksanakan oleh Ketua DPW Gekrafs Jatim Septrianto Maulana beserta Sekertaris DPW Gekrafs Jatim, De Laguna la Tanri Putra, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief as Sidiq, Kepala Poltekat, serta para Anggota Gekrafs dari beberapa DPC di Jawa Timur.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua Umum Gekrafs Indonesia Kawendra Lukistian turut hadir secara virtual.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Kota Batu dipandang memiliki potensi kuat khususnya di subsektor kuliner, kriya, fashion, dan khususnya pariwisata.

Sedangkan Ketua Gekraf Jawa Timur, Septrianto Maulana menyampaikan ada 17 sub sektor ekraf yang akan digarap. Mulai dari subsektor kuliner, fashion, kriya, aplikasi, film animasi video, fotografi periklanan, seni rupa, arsitektur, design interior, design komunikasi visual, desain produk, permainan (game), Radio TV, periklanan, penerbitan dan seni pertunjukan.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Arief As Sidiq menyampaikan berharap dengan kehadiran Gekrafs di Kota Batu bisa berkontribusi terhadap pembangunan sektor ekraf disini. Pihaknya siap bersinergi dengan Gekrafs sepanjang untuk kemajuan Kota Batu.

”Saya harap bisa membawa sektor pariwisata dan ekraf di Kota Batu bisa berkembang, baik secara kuantitas dan kualitas,” ungkap Arief.

Sementara itu, Ketua Gekrafs Kota Batu Syaiful Umam akan terus mendorong ekosistem ekonomi kreatif di Kota Batu. Gekrafs sendiri didirikan sebagai wadah para pelaku ekraf dan UMKM untuk belajar dan berdaya bersama-sama.

”Selain memacu potensi-potensi yang sudah ada, kami akan terus belajar, berkolaborasi dan berkembang bersama lewat program-program yang tepat guna seperti pelatihan dan pameran-pameran,” ungkap Syaiful.

Gekrafs Kota Batu telah melakukan berbagai aksi sosial, salah satunya menggelar Gekraf Oktober Fest 2021 yang terdiri dari peringatan Hari Batik, 11 pelatihan dan puncaknya Pengukuhan Pengurus Gekrafs DPC Batu yang diselenggarakan hari ini.

Dalam acara ini diselenggarakan pula MOU pendampingan Gekrafs Batu kepada Desa Wisata Tulungrejo untuk menjadikan Desa Wisata Premium Tulungrejo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.