Batu, Diskominfo – Batu Shining Orchid Week kembali digelar di Kota Batu. Ribuan anggrek dari berbagai daerah, ditampilkan mulai 7-14 November 2021 di halaman Balaikota Among Tani Pemkot Batu. Gelaran Batu Shining Orchid Week 2021 resmi dibuka oleh Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, Senin (8/11) pagi. Sebanyak 54 Stand anggrek dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta sampai Kalimantan siap memanjakan mata pengunjung.

Sempat tertunda penyelenggaraannya di tahun 2020 karena adanya Pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu untuk menggelar bursa anggrek yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini adalah tahun kelima Batu Orchid Week. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan untuk memperingati Hari Jadi Kota Batu, penyelenggaraannya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sugeng Pramono.

Selain untuk memperkenalkan berbagai anggrek dikalangan masyarakat, kegiatan ini merupakan wadah kreatifitas petani anggrek dan menjadi pendukung untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

Ketua Panitia Batu Shining Orchid Week, Fathul Yasin, mengatakan, anggrek menjadi ikon baru Kota Batu dengan lebih dari 150 petani anggrek dan ratusan jenis anggrek hasil silangan.

“Kegiatan ini merupakan hari raya bagi petani-petani anggrek untuk menunjukkan dan meningkatkan kreatifitasnya, agar potensi dapat berkembang semakin baik,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan ini. Ia berharap, kedepan panitia Batu Shining Orchid Week bisa menggelar kegiatan yang lebih besar lagi.

“Saya melihat petani-petani anggrek disini punya semangat yang besar, kedepan bisa dipikirkan bagaimana untuk merencanakan event yang lebih besar dari tahun ini,” katanya.

Selain bursa dan pameran anggrek, panitia Batu Shining Orchid Week juga menggelar seminar nasional, lomba anggrek dan malam penggalangan dana untuk bencana banjir bandang Kota Batu 2021.

Beragam spesies anggrek yang bisa ditemukan di Batu Shining Orchid Week ini, mulai dari jenis Dendrobium, Cattleya, Cymbidum, Vanda, Oncidium, Bulbophyllum hingga Renanthera.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela, Dimas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.