Batu, Diskominfo – Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2021, Kejaksaan Negeri Kota Batu menggelar Mocopat Idol dengan mengambil tema “Mijil dan Dandang Gulo”.

Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, hadir secara langsung untuk membuka acara yang digelar di Aula Kejaksaan Negeri Kota Batu mulai tanggal 9-10 Desember 2021, Kamis (09/12).

Kajari Kota Batu, Supriyanto, mengatakan, lagu atau tembang Mocopat merupakan sarana yang luar biasa bagi orang jawa untuk menyampaikan sebuah pesan.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mewadahi pegiat dan milenial untuk melestarikan budaya ini. Terlebih lagi mocopat memiliki makna yang dalam bagi kehidupan,” katanya.

Supriyanto menambahkan, selain untuk menyemarakkan Hakordia, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk mendukung terwujudnya destinasi pariwisata berbasis budaya di Kota Batu.

Sementara itu, Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, mengapresiasi diadakannya Mocopat Idol. Harapannya kegiatan ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

“Semoga dengan digelarnya Mocopat Idol ini melahirkan seniman-seniman Kota Batu yang membanggakan, dan saya harap tahun depan bisa dibuat lebih meriah,” kata Wali Kota.

Dalam perlombaan ini, peserta wajib membawakan mocopat dengan tema ‘Anti Korupsi’. Hasil karya yang dibawakan juga harus hasil ciptaan sendiri atau ciptaan komunitas/kelompok seni yang diwakili, dan peserta harus menampilkan materi Mijil dan Dandang Gulo masing-masing satu pupuh.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu : Hasan, Hadi, Ela, Ari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.