Batu, Diskominfo – Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) 2021, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, bersama Forkopimda Kota Batu mengikuti acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia melalui teleconference di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (9/12).

Membuka acara, Ketua KPK Komjen Pol. Firli Bahuri, M.Si, mengajak masyarakat untuk bersatu padu membangun budaya melawan korupsi. Firli juga menjelaskan tentang strategi trisula untuk menghadapi korupsi di Indonesia. Trisula pemberantasan korupsi itu berupa penindakan, pencegahan, dan pendidikan. Ketiga strategi tersebut dijalankan secara simultan dan saling terintegrasi, dengan melibatkan para pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat. Firli berharap ada sinergitas seluruh elemen untuk bersama-sama menjalankan trisula pemberantasan korupsi.

Sementara itu, Presiden Jokowi, mengingatkan agar KPK jangan cepat berpuas diri. Apalagi masyarakat masih menilai buruk kinerja pemberantasan korupsi.

“Masyarakat menunggu hasil nyata pemberantasan korupsi melalui pelayanan, peningkatan lapangan kerja, dan penurunan harga bahan pokok,” tutur Jokowi.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, di kesempatan ini menjelaskan bahwa eksekutif, yudikatif, dan legislatif di Kota Batu selalu berusaha bekerja secara optimal dan menghindari korupsi.

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 diperingati setiap tanggal 9 Desember. Peringatan ini dibuat untuk menyoroti hak dan tanggung jawab pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, hingga publik dalam menanggulangi korupsi.

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di Indonesia mengangkat tema ‘Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi’. Melalui tema ini, diharapkan seluruh pihak bersama-sama memperkuat sinergi dan berkolaborasi. Baik itu kementerian/lembaga, pemerintah daerah, sektor usaha, serta organisasi masyarakat, untuk memberantas korupsi melalui perannya masing-masing.

Selain itu, peringatan Hakordia 2021 ini sekaligus untuk memperluas keterlibatan masyarakat dalam mengimplementasikan nilai anti korupsi dan melakukan pemberantasan korupsi.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.