Batu,Diskominfo – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko meresmikan program launching Desa Berdaya Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Selasa (28/12) siang di Lumbung Strawberry.

Dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa timur (DPMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur Zainal Mustafa, Komisi B DPRD Kota Batu, TP PKK Kota Batu, TP PKK Desa Pandanrejo, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, DP3AP2KB Kota Batu, dan para undangan.

Dewanti, dalam arahannya mengapresiasi dengan Kepala Desa Pandanrejo bersungguh-sungguh membangun desanya untuk kesejahteraan warganya. Namun, beliau berharap tidak hanya launching, namun harus terus diisi dengan kegiatan untuk menarik wisatawan dan warga sekitar Kota Batu.

Dewanti mengapresiasi estetik dan pilihan bahan dari bangunan yang tidak mahal namun unik dan berkesan di lumbung strawberry. “Mohon untuk bekerjasama dengan dinas-dinas terkait untuk menjadikan Desa Berdaya yang berkesan dan ikonik.”

Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa timur (DPMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Zainal Mustafa menjelaskan bahwa kegiatan Desa Berdaya ini dilaksanakan untuk mengatasi pandemi. Program ini untuk 151 desa di Jawa Timur termasuk lima desa di Kota Batu.

Desa Pandanrejo merupakan salah satu dari Lima Desa di Kota Batu yang mendapatkan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Program Desa Berdaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Syarat mendapatkan BKK ini adalah desa yang sudah berstatus mandiri. Program ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi mengembangkan iconic desa hingga menguatkan branding desa.

Abdul Manan, Kepala Desa Pandanrejo menjelaskan bahwa Desa Pandanrejo mengembangkan ikon sebagai penghasil strawberry dan sebagai “Lumbung Strawberry”.

“Dengan dijadikannya Desa Pandanrejo menjadi Lumbung Strawberry, semoga Pandanrejo Berdaya” Tutup Manan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.