Batu,Diskominfo – Banjir bandang yang terjadi di Kota Batu pada bulan November 2021, memberikan pengaruh yang cukup besar, khususnya di bidang pertanian. Lima dari sembilan desa di kecamatan Bumiaji, terkena dampak yang cukup serius.

Sebagai upaya Pemulihan lahan pertanian yang terdampak banjir bandang di Kota Batu, Tim Tajuk Tani official BPP Bumiaji mengadakan kegiatan Social Movement di Jurang Susuh, Dusun Sawahan, Desa Giripurno, Selasa (11/01).

Acara ini melibatkan beberapa instansi seperti Pemerintah Desa Giripurno, PDAM Kota Malang, Gapoktan Sumber Urip, Penggerak PKK Kota Batu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Dinas Sosial Kota Batu, BPBD Kota Batu, Bank Jatim Cabang Bumiaji, IPNU Kota Batu, Aliansi Mahasiswa Malang Raya, Penyuluh Pertanian Kota Batu, Pendamping Petani Kota Batu.

Masyarakat khususnya pemilik lahan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, harapannya apa yang dilakukan bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan.

“Saya sangat berterima kasih kepada tim Tajuk Tani Official, donatur dan relawan yang telah mengadakan kegiatan ini ,kami sangat terbantu, karena beberapa lahan terdampak banjir kemarin” Ungkap Sunaryo sebagai pemilik lahan yang terdampak banjir bandang.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Batu, Wibi Asri mengatakan, kegiatan pemulihan lahan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Kami sangat senang karena turut terlibat, mudah-mudahan kegiatan ini bisa membuat kita lebih peduli pada lingkungan” katanya.

Selain pemulihan lahan, dalam kesempatan ini sekaligus diberikan bantuan sosial berupa paket sembako, bantuan stimulus perbaikan lahan berupa saprodi, peralatan, dan K3 pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *