Sekolah orang tua yang hebat adalah rumah. Rumah adalah tempat pertama dimana sebagian besar anak-anak belajar nilai-nilai, etika, dan keterampilan dasar dalam kehidupan. Orang tua adalah guru pertama dan yang paling berpengaruh dalam perkembangan anak-anak mereka.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Batu, Dwi Mardiana, dalam “Pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) sekaligus Prosesi Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh” di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Sabtu (23/9).

“Kita (orang tua) menjadi pendidik dan role model bagi anak-anak kita. Kualitas pengasuhan menentukan generasi muda. Sekolah Orang Tua Hebat ada untuk mencetak orang tua hebat, cerdas, terampil dalam mendampingi dan mengasuh pola hidup anak, sehingga bisa melahirkan generasi berkualitas,” kata Dwi Mardiana.

Selain pendidikan pada orang tua dan anak, yang tidak kalah penting adalah pendidikan dan dukungan kepada orang-orang lanjut usia di Kota Batu melalui sekolah tangguh lansia. Tujuan utama dari sekolah lansia tangguh adalah meningkatkan kualitas hidup lansia, menjaga kesehatan fisik dan mental, serta membantu lansia terlibat dalam berbagai kegiatan sosial.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan bahwa salah satu upaya untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera adalah dengan mendukung berbagai program pemerintah. Salah satunya melalui program BKKBN dan PKK.

“Mari kita bersama-sama mendukung program BKKBN bersama pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Aries.

Aries menambahkan, salah satu peran penting PKK Kota Batu di dalam masyarakat saat ini adalah memberikan edukasi dan mensosialisasikan terkait pengelolaan sampah.

“Saya melihat dukungan luar biasa dari PKK yang ada di setiap Desa dan Kelurahan, ikut turun ke RT dan RW untuk mensosialisasikan pilah sampah. Jika ini terus dilakukan, saya yakin Kota Batu bisa menjadi contoh untuk Indonesia dalam pengelolaan sampah,” kata Aries.

Dalam kesempatan ini sekaligus dilaksanakan “Launching Gerakan Dasawisma Memilah Sampah serta Sosialisasi Pengelolaan Sampah”. Melalui kegiatan ini, diharapkan permasalahan sampah di Kota Batu dapat segera diselesaikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengelola dan memilah sampah dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.