Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu menggelar rapat paripurna dengan agenda Penandatanganan Bersama Raperda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023, Senin (25/9).

Rapat paripurna ini diawali dengan penyampaian pendapat DPRD atas hasil pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Kota Batu Tahun Anggaran 2023, dilanjutkan dengan penandatanganan nota persetujuan bersama antara Pj. Wali Kota dan DPRD terkait Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Kota Batu Tahun Anggaran 2023.

Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kerja keras anggota DPRD yang telah berhasil menyelesaikan pembahasan Raperda tentang Perubahan APBD Kota Batu Tahun 2023 sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Dengan disetujuinya Raperda ini, akan menjadi landasan hukum bagi pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah. Evaluasi akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur untuk memastikan kesesuaian dengan aturan yang berlaku.

Tidak hanya itu, Aries juga menguraikan tentang prioritas alokasi kenaikan belanja daerah yang mencakup pemenuhan kebutuhan belanja wajib dan mengikat, pelunasan kewajiban dan hutang daerah, serta alokasi untuk sektor-sektor kunci seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, peningkatan SDM, Dana Desa, belanja pegawai, dan lainnya.

“Kami sangat menekankan pentingnya percepatan pelaksanaan program kegiatan dalam APBD tahun 2023. Dengan waktu yang terbatas, kami mendorong agar proses pengadaan barang dan jasa dilakukan sedini mungkin pada bulan September 2023 untuk meningkatkan serapan anggaran dan menggerakkan ekonomi di kuartal IV tahun 2023,” jelas Aries.

Aries juga mengingatkan pentingnya penyelenggaraan program kegiatan hasil reses dan aspirasi masyarakat, persiapan untuk kegiatan fisik APBD tahun 2024, dan penyiapan kegiatan pada Perubahan APBD Tahun 2023 yang harus memperhatikan ketersediaan waktu yang terbatas. Dalam rencana pembiayaan, surplus anggaran (SILPA) tahun sebelumnya akan digunakan untuk menutup defisit dalam perubahan APBD Tahun 2023.

Pemerintah Kota Batu berharap Raperda Perubahan APBD tahun 2023 akan melahirkan profil anggaran yang berorientasi pada kepentingan rakyat, dan dapat menyelesaikan permasalahan aktual yang dihadapi masyarakat. Aries pun berharap semua pejabat dan aparatur pemerintah Kota Batu, untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami berharap bahwa kesepakatan APBD 2023 Kota Batu akan menghasilkan profil anggaran yang partisipatif, akuntabel, dan berorientasi pada kepentingan rakyat. Kami juga menegaskan komitmen kami untuk terus mengabdi kepada negara, bangsa, dan masyarakat dengan semangat kerja yang tinggi,” ujar Aries.

Dengan berakhirnya rapat paripurna ini, diharapkan perubahan APBD Kota Batu Tahun 2023 akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Batu dan mendorong kemajuan kota ini ke arah yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.