Selain terus berupaya memperbaiki pelayanan untuk masyarakat umum, Pemerintah Kota Batu juga terus meningkatkan pelayanan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Batu. Salah satunya melalui penggunaan aplikasi Among Abdi Praja.

Lebih dari tiga tahun sudah ASN Pemerintah Kota Batu menggunakan aplikasi berbasis web yang dapat diunduh di Google Play Store itu. Khususnya untuk mengisi aktivitas harian, memantau presensi dan absensi, hingga administrasi berupa arsip-arsip kepegawaian. Baik terkait kenaikan pangkat maupun mutasi, semua ada di dalam satu aplikasi tersebut.

Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, pun memaparkan penggunaan aplikasi “AMONG ABDI PRAJA” (Aplikasi Kepegawaian Berbasis Android) ini, di Ruang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Rabu (11/10), karena berhasil masuk Tahap Presentasi dan Wawancara sebagai Finalis KOVABLIK Provinsi Jawa Timur.

Dalam presentasinya yang berlangsung selama 2 jam, Pj. Wali Kota Batu didampingi oleh Kepala BKPSDM Kota Batu, M Nur Adhim, dan inovator dari kantor BKPSDM Kota Batu. Aries menjelaskan secara lengkap, mulai dari tahapan pembuatan, pelaksanaan pengisian aplikasi, hingga sosialisasi dan penggunaan yang kini telah memasuki tahap pengembangan kedua setelah sukses di tahap pertama.

“Dengan aplikasi ini maka ASN Pemerintah Kota Batu bisa lebih cepat mengisi aktivitas harian. Bahkan, saat ini, yang lebih mudah adalah untuk kenaikan pangkat. Tidak perlu pemberkasan yang berulang seperti di zaman dahulu yang harus fotokopi setiap kali naik pangkat, dan kenaikan gaji berkala serta perhitungan tunjangan bagi ASN bisa secara real time,” jelas Aries.

Dalam kesempatan ini, Aries juga memberikan apresiasinya atas inovasi yang telah dilakukan oleh BKPSDM Kota Batu, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan bagi para ASN Pemkot Batu.

“Inovasi yang dilakukan BKPSDM ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kecepatan pelayanan birokrasi, yang nantinya akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini sangat bagus dan semoga ke depan bisa dikembangkan lebih baik lagi,” harap Aries.

Untuk diketahui, saat ini, aplikasi Among Abdi Praja telah digunakan oleh sebanyak 3.251 ASN di Pemkot Batu dengan konsep Single Sign On dan terintegrasi sehingga bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.