Pemerintah Kota Batu mendapatkan penghargaan Terbaik II Pelaporan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2022, berkat enam aksi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Batu sepanjang tahun 2022.

Piagam penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, disela Upacara Peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Kamis (12/10/2023).

Pemberian penghargaan ini merupakan hasil penilaian atas pelaksanaan dan pelaporan Aksi HAM Tahun 2022, yang terdiri dari tiga periode pelaporan. Yaitu B.04 (pelaporan di bulan April), B.08 (pelaporan di bulan Agustus), dan B.12 (pelaporan di bulan Desember). Kota Batu mendapatkan predikat Terbaik II dengan nilai 94,85.

Tahun 2022 terdapat enam Aksi HAM Daerah yang telah dilaksanakan dan dilaporkan oleh Pemerintah Kota Batu, melalui Bagian Hukum Setda Kota Batu selaku Sekretariat Aksi HAM Daerah bekerja sama dengan SKPD. SKPD yang terlibat antara lain Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, DP3AP2KB, Bagian Hukum, Dinas Kesehatan, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Selain menyampaikan terimakasih, Aries juga berharap aksi RANHAM Tahun 2021-2025 bisa menjadi pedoman dalam rangka melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM terhadap kelompok sasaran perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan kelompok masyarakat adat.

“Saya menyampaikan terimakasih atas keterlibatan semua pihak yang mendukung dan berkontribusi atas kinerja yang nyata, dalam memenuhi kebutuhan dasar hak asasi manusia,” ungkap Aries.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga diberikan penghargaan MURI Penyelenggara Mural, Penanaman Pohon, Santunan Anak Yatim Siswa SMA-SMK-SLB Terbanyak, dan Rekor MURI Pemrakarsa Penyelenggaraan Kendaraan Listrik Terbanyak karya siswa SMK Jawa Timur yang diterima langsung oleh Aries Agung Paewai, selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.