Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-22 Kota Batu, Pemkot Batu menggelar turnamen catur “Wali Kota Cup 2023.” Turnamen ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu sekaligus Ketua Panitia Hari Jadi Kota Batu, Arief as Siddiq, Minggu (15/10).

Turnamen catur hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Batu dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Batu ini, berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Batu dan dihadiri oleh 195 peserta dari Kota Batu dan sekitarnya.

Sehari sebelumnya, pada 14 Oktober 2023, juga telah digelar turnamen catur junior. Hadiah juara pertamanya sekitar Rp2 juta.

“Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan turnamen ini, dalam rangka memperingati hari jadi Kota Batu. Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan turnamen ini setiap tahun, dan jika memungkinkan, kami akan menjadikannya acara yang gratis tanpa biaya pendaftaran namun dengan hadiah yang lebih besar. Tujuan kami adalah untuk menjaring talenta baru di dunia percaturan, dan memajukan olahraga catur di Kota Batu,” ujar Ketua Umum Percasi Kota Batu, Sayadi Wibowo.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief as Siddiq, sangat mengapresiasi digelarnya turnamen ini.

“Turnamen ini sangat luar biasa, dan hadiahnya cukup menarik. Kami berharap bahwa ini akan menjadi penyemangat bagi warga Kota Batu yang mencintai catur, dan akan menggerakkan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam olahraga ini. Kami ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap panitia yang telah berkerja keras dalam menyelenggarakan turnamen ini,” ungkap Arief.

Turnamen catur “Walikota Cup 2023” sendiri diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempromosikan catur dan mencari bibit baru. Turnamen ini pun mendapat sambutan yang positif dari komunitas catur di Kota Batu dan selalu dinantikan setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.